Minggu, 31 Januari 2010

PAKAIAN SERAGAM PASKIBRA

Paskibra Jakarta Timur memiliki beberapa Pakaian seragam atau pakaian dinas yang digunakan seperti untuk upacara, kegiatan sehari-hari maupun kegiatan lapangan yang disesuaikan dengan tempat tugas dan fungsinya seperti :

1. Pakaian Dinas Upacara (PDU)
Pakaian untuk menjadi petugas upacara berwarna atas putih dan bawah putih (celana panjang untuk putra dan rok untuk putri). Terdapat dua bentuk pakaian dinas upacara, yaitu PDU I dan PDU II. PDU I berbentuk stelan jas, sedangkan PDU II berbentuk pakaian biasa. Pakaian PDU harus dengan segala kelengkapannya seperti lidah di bahu untuk tempat pangkat, badge paskibra di kiri dan badge jaya raya di kaman, dengan lencana sesuai tingkatannya di dada sebelan kiri. Perbedaan PDU I dan II biasanya pada badge yang di bordir untuk PDU I sedang PDU II bentuk badgenya di sablon. Kelengkapan PDU lainnya adalah :Peci hitam berlambang Garuda di sebelah kiri depan, syal putih merah di leher, ikat pinggang berwarna hitam, sarung tangan putih, dan bersepatu pantofel hitam, ditambah kendit berwarna hijau.


2. Pakaian Seragam Harian (PSH)
Pakaian Seragan Harian Paskibra Jakarta Timur adalah pakaian atas berwarna krem berlengan pendek, berlidah bahu untuk tempat pangkat, badge paskibra di lengan kiri dan badge jaya raya di kanan, dengan lencana di dada kiri sesuai dengan tingkatannya dan papan nama di sebelah dada kanannya. Sedangkan celana panjang atau rok berwarna seperti hijau kecoklat-coklatan muda. Kelengkapan PSH lainya adalah : topi merah paskibra jakarta timur, ikat pinggang berwarna hitam berlogo garuda, sepatu pantofel hitam, pangkat dan lencana sesuai tingkatannya


3. Pakaian Lapangan
Pakaian lapangan adalah pakaian yang digunakan untuk kegiatan yang bersifat kegiatan di alam terbuka, dengan warna pakaian atas abu-abu dengan lidah di bahu, berlengan panjang, dengan badge yang berwarna polos hitam-putih-abu abu (tidak berwarna) lambang paskibra di lengan kiri dan lambang jaya raya di lengan kanan, dengan papan nama di bordir didada sebelah kanan. Sedangkan celana berwarna hitam dengan saku menempel diluar samping paha kiri dan kanan selain saku normal biasa. Kelangkapan lain pakaian lapangan : topi rimba berwarna hitam, tanpa menggunakan pangkat, ikat pinggang hitam, sepatu lapangan (bisa sepetu kets, olahraga atau sepatu gunung).

0 komentar:

Poskan Komentar